RPP PKN SD Kelas 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas /
Semester : I
/ I
Alokasi
Waktu : 2
x 35 menit (1 x pertemuan)
![]() |
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
C.
INDIKATOR
Kognitif
1. Menyebutkan
macam-macam jenis kelamin dalam keluarga
2.
Menjelaskan perbedaan ciri laki-laki
3.
Menjelaskan perbedaan ciri perempuan
4. Mengidentifikasi perbedaan macam-macam agama di Indonesia
5. Menceritakan nama-nama tempat ibadah sesuai dengan
agama
6.
Menyebutkan perbedaan macam-macam suku
bangsa di Indonesia
Psikomotor
1. Menunjukan
gambar yang merupakan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga
2. Menunjukan
gambar yang merupakan cirri laki-laki dan perempuan
3. Menunjukan
gambar macam-macam agama
4. Menunjukan
gambar nama tempat ibadah sesuai agama
5. Menunjukan
gambar yang merupakan perbedaan suku bangsa
Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
·
Menghormati teman yang sedang mempresentasikan
hasil diskusi ketika di depan kelas
·
Mampu menjadi pendengar yang baik dan teman
kerja yang menyenangkan
·
Menghargai teman yang memberikan pendapatnya
2. Keterampilan
Sosial
·
Mampu berkomunikasi secara lisan dengan teman
lain ketika berdiskusi
· Memberi
bantuan ketika salah seorang teman mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Dengan
diberi pernyataan tentang macam-macam jenis kelamin dalam keluarga, siswa dapat
menyebutkan jenis kelamin dalam keluarga
dengan benar.
2. Dengan
diberikan gambar perbedaan ciri laki-laki dan perempuan , siswa dapat
menjelaskan perbedaan ciri laki-laki dan perempuan dengan benar.
3. Dengan
diberi pernyataan tentang macam-macam agama, siswa dapat menyebutkan perbedaan
macam-macam agama di Indonesia dengan benar.
4. Dengan diberikan gambar tentang tempat ibadah sesuai
dengan agama, siswa dapat menceritakan nama tempat ibadah sesuai dengan agama.
5. Dengan
diberikan gambar perbedaan suku bangsa, siswa dapat menyebutkan perbedaan suku
bangsa di Indonesia.
Psikomotor
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukan macam-macam jenis
kelamin dalam keluarga.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukan perbedaan cirri
laki-laki dan perempuan.
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukan perbedaan agama yang ada
di Indonesia.
4.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukan tempat ibadah sesuai
dengan agama.
5.
Dengan mengamati gambar, siswa
dapat menunjukan perbedaan suku bangsa.
Afektif
1. Mengembangkan
perilaku karakter
·
Melalui kegiatan diskusi tentang perbedaan jenis kelamin, agama dan
suku bangsa di Indonesia,
maka siswa diharapkan mampu menjadi teman kerja yang menyenangkan dengan baik
untuk menyebutkan perbedaan
jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
·
Melalui pembelajaran kelompok tentang perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa,
maka siswa diharapkan mampu menjadi orang yang menghargai perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa .
·
Melalui kegiatan diskusi mengenai perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa,
maka siswa diharapkan mampu menghargai
pendapat yang disampaikan teman tentang materi yang sudah dipelajari bersama
sama
2. Mengembangkan
keterampilan sosial
·
Melalui kegiatan berdiskusi tentang perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa,
maka siswa diharapkan mampu berkomunikasi secara lisan dengan teman lain
menggunakan bahasa yang santun dan baik.
·
Melalui kegiatan berdiskusi, maka siswa
diharapkan mampu membantu teman yang mengalami kesulitan dalam menerima
pembelajaran yang diberikan oleh guru
E.
RINGKASAN
MATERI PEMBELAJARAN
Perbedaan jenis kelamin, agama dan
suku bangsa
F.
MODEL,
METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement
Division
2. Metode
Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
d.
Demonstrasi/simulasi
e.
Penugasan
3.
Pendekatan : PAKEM
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase
|
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Pendahuluan
( 10 menit )
|
Fase
I
Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
|
a. Salam
Pembuka
b. Berdo’a
c. Kegiatan
rutin guru : Presensi siswa
d. Melakukan
apersepsi dengan memotivasi siswa
· Menyampaikan
tujuan dari pembelajaran hari ini selanjutnya, guru bertanya,
· Apakah
kalian tahu bagaimana hidup rukun dalam perbedaan?
|
||||
Kegiatan
inti ( 50 menit )
|
Fase
II
Menyajikan
informasi
|
e. Guru
mejelaskan materi pada siswa dengan menggunakan gambar, perbedaan jenis
kelamin, agama dan suku bangsa
|
||||
Fase
III
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok belajar
|
f. Guru
membagi siswa menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 atau 6
siswa.
g. Guru
membagikan LKS dan menjelaskan cara penyelasaiannya.
|
|||||
Fase
IV
Membimbing
kelompok
|
h. Guru
memantau kegiatan kelompok
i.
Guru membimbing kelompok belajar
yang mengalami kesulitan.
|
|||||
Fase
V
Presentasi
|
j.
Masing – masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dilanjutkan koreksi hasil diskusi.
|
|||||
Penutup
( 10 menit )
|
Fase
VI
Evaluasi
dan menarik kesimpulan
|
k. Siswa
mengerjakan LKS
l.
Guru membimbing siswa dalam
merangkum materi
|
||||
Fase
VII
Pemberian
penghargaan dan penutup
|
m. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling aktif
n. Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan salam
|
H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
: Gambar-gambar tentang ciri jenis kelamin, agama dan suku bangsa yang ada di
Indonesia.
2. Buku
siswa : Setiawati Widhastuti dan Fajar Rahayuningsih (BSE)
3. LKS
1
4. Alat
dan Bahan yang terdapat pada LKS
I. PENILAIAN
1. Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
2. LP
1 : Kognitif
3. Kunci
LP 1 : Kognitif
4. LP
2 : Psikomotor
5. LP
3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter
6. LP
4: Pengamatan Keterampilan Proses
Tasikmalaya, 13 Desember 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas,
![](file:///C:/Users/ikhsan/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
![](file:///C:/Users/ikhsan/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
0 Response to "RPP PKN SD Kelas 1"
Post a Comment