RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 Sub tema 1 pembelajaran ke 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3
KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SDN KUDANGUYAH
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan diberikan teks
cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat
menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks
percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat
mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan
tepat.
- Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan
bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan
999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu
anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan
tepat.
- Dengan diberikan lagu
anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan
tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Ayo Mengamati Ø Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang
dibacakan guru. Ø Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.
Ø Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi
penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan. Ø Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan
dan buah hati. Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita. (Mandiri) Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti
ungkapan yang terdapat pada teks. Ø Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang
terdapat pada teks cerita. Ayo Berlatih Ø Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks
percakapan. Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat
tersebut. Ø Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan
percakapan yang terdapat pada buku. Ø Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat
berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya. (Creatiivity
and Innovation) Ayo Bermain Peran Ø Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya,
bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa
dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1
dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap
percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya. (Creativity
and Innovation) Ayo Berlatih Ø Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa.
Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku
yang banyaknya ratusan. Ø Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati
pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian
lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5
puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku. Ayo Mengamati Ø Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan
kelompok 100 kubus. Ø Siswa mengamati
kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus. Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak
kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Ayo Berlatih Ø Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan
gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau
stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan
tiga angka. Ø Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan
tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan. Ø Siswa
membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa
dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang
diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal. (Critical
Thinking and Problem Formulation) Ayo Bernyanyi Ø Siswa menyimak guru menyanyikan lagu
Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut
merasakan kapan nada lagu dinyanyikan
panjang dan kapan dinyanyikan
pendek. Ayo Berlatih Ø Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan
bersama-sama dengan guru. Siswa
merasakan panjang dan pendeknya nada. Ø Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang
dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek. Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek
bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk
menjelaskan panjang pendek bunyi. Ø Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh
menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan
panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang
diamati adalah percaya diri. Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari
kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah sampai 999
dapat ditemui pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada kemasan
makanan, nomor rumah, halaman buku, dan lain-lain. Ø Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan
yang ada di sekitar rumah. |
|
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD. NIP. 19630531 198305 2007 |
Tasikmalaya, Juli 2020 Guru Kelas 2 NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd. NIP. 19660429 198703 2006 |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses
pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No |
Tanggal |
Nama siswa
|
Catatan
perilaku |
Butir
sikap |
Tindak
lanjut |
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa
|
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan seterusnya |
|
|
|
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Penilaiam: skor
yang diperoleh x 100
Skor
maaksimal
Panduan Konversi Nilai:
Konversi Nilai (skala 0- 100) |
Predikat |
Klasifikasi |
81- 100 |
A |
SB (Sangat Baik) |
66-80 |
B |
B(Baik) |
51-65 |
C |
C(Cukup) |
0-50 |
D |
K (Kurang) |
1)
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di
dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.1) ketetapan menyebutkan ungkapan di dalam teks |
Semua ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar, tanpa bantuan |
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah disebutkan tanpa bantuan guru |
Ada beberapa ungkapan di dalam teks disebutkan, denagn bantuan guru |
Belum ada ungkapan yang disebutkan
dengan benar meskipun dengan bantuan guru |
Keterampilan: (kd 4.1) ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks |
Semua ungkapan di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa ungkapan di dalam
teks yang masih salah diucapkan, tanpa
bantuan guru |
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah diucapkan dengan benar, dengan bantuan guru |
Belum ada ungkapa yang diucapkan dengan benar, meskipun dengan bantuan guru |
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan
adalah percaya diri.
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada satu bilangan yang dinyatakan
masih salah |
Ada dua bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Ada tiga bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Keterampilan: (kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, dengan bantuan guru |
Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun
dibantu guru |
2) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999
(KD 3.1 dan 4.1)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan
adalah teliti.
3) SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek
Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu |
Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar,
tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya dengan bantuan guru |
Belum Ada yang benar dalam menentukan
bunyi panjang dan bunyi pendek lagu
meskipun dengan bantuan guru |
Keterampilan: (kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu |
Semua nada yang dinyanyikan sesuai
irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan
guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan
guru |
semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang
amsih salah, dengan bantuan guru |
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan
adalah percaya diri.
Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan
guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat
dalam daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk
memahamkan siswa tentang materi yang sedang dipelajari.
C. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1.
Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca
denganlancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
2.
Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada
pada lagu menggunakan simbol.
3. Guru membahas kembali materi
tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai 999.
- Pengayaan
1.
Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat
dalam teks hidup rukun.
2.
Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah
mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga
angka.
3.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan
panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 Sub tema 1 pembelajaran ke 1"
Post a Comment