RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 3
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3
KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SDN KUDANGUYAH
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan diberikan teks lagu
berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat
menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan
tersebut dalam kalimat dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek
bunyi pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi
pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa
dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
- Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian
dengan kumpulan objek.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Inti |
Ayo Mengamati Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian
mengamati syair lagu tersebut. Ø Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang
mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS) Ayo Menulis Ø Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang
ditentukan. (Mandiri) Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna
ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya.
Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain. Ø Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut
(Rubrik Ø Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan Ø adalah teliti. Ayo Bernyanyi Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Ø Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek
bunyi. Ø Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui
pemahaman siswa mengenai panjang pendek bunyi. Ø Skor yang diperoleh siswa tidak harus dimasukkan ke
dalam daftar nilai. Skor tersebut sebagai pedoman bagi guru dalam mengamati
kemampuan siswa memahami panjang pendek nada. Data ini sebagai petunjuk bagi
guru untuk mengadakan remedial dan pengayaan. Ayo Mengamati Ø Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama. Ø Hitungan pertama pada sebuah birama memiliki tekanan
lebih kuat dibandingkan dengan hitungan berikutnya. Ø Contoh: Bagian yang bertanda = dinyanyikan lebih kuat. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu
anak Peramah dan Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat
lemah bunyi pada irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD
3.2 dan KD 4.2). Ayo Mengamati Ø Siswa mengamati bilangan yang terdapat pada gambar
nomor peserta lomba Udin. Berdasarkan gambar banyak kubus yang terdapat pada
halaman 25, siswa membaca bilangan tersebut. Siswa dapat menanyakan kepada
guru mengenai hal-hal yang ingin diketahuinya sehubungan dengan pembacaan
bilangan dengan tiga angka. Ø Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dari sekumpulan
benda yang sesuai, contoh pada Buku Siswa digunakan sekelompok gambar
kubus. Ø Pemahaman mengenai bilangan tiga angka dapat dibantu
dengan alat peraga konkret, misalnya kancing baju, kelereng, atau lidi tusuk
gigi.Kemudian siswa membaca bilangan tiga angka yang sudah ditentukan
tersebut. Ayo Berlatih Ø Siswa berlatih membaca bilangan melalui
kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai. Ø Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat
oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai
baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10
bilangan dengan benar. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam
membaca bilangan sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD
4.1). Sikap yang dikembangkan adalah
teliti. Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama orang
tua. Apabila orang tua tidak mengetahui lagu tersebut, disarankan agar orang
tua mendengarkan siswa bernyanyi. Siswa bercerita kepada orang tuanya
mengenai panjang pendek bunyi dan kuat lemah lagu. Siswa juga berdiskusi
dengan orang tua untuk mencari kata yang sepadan dengan uangkapan pada lagu
tersebut.Kegiatan ini dilaporkan pada buku penghubung antara orang tua dan
sekolah. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD. NIP. 19630531 198305 2007 |
Tasikmalaya, Juli 2020 Guru Kelas 2 NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd. NIP. 19660429 198703 2006 |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses
pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No |
Tanggal |
Nama siswa
|
Catatan
perilaku |
Butir
sikap |
Tindak
lanjut |
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa
|
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan
seterusnya |
|
|
|
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Penilaian dan panduan konversi nilai dapat
dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
Contoh Rubrik:
1)
Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di Dalam
Teks
Kriteria |
skor |
Minimal 3
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
4 |
Dua
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
3 |
Satu
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
2 |
Belum bisa
menyebutkan ungkapan di dalam teks |
1 |
Rubrik Menuliskan Ungkapan dan menggunakan
ungkapan dalam kalimat
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketepatan arti ungkapan di dalam kalimat |
Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar |
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar tanpa bantuan
guru |
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar dengan bantuan guru |
Belum bisa mengartikan ungkapan
yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru |
2)
SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek
Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu |
Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar,
tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya dengan bantuan guru |
Belum Ada yang benar dalam menentukan
bunyi panjang dan bunyi pendek lagu
meskipun dengan bantuan guru |
Keterampilan: (kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu |
Semua nada yang dinyanyikan sesuai
irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan
guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan
guru |
semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang
amsih salah, dengan bantuan guru |
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan
adalah percaya diri.
3) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah
Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada satu bilangan yang dinyatakan
masih salah |
Ada dua bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Ada tiga bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Keterampilan: (kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, dengan bantuan guru |
Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun
dibantu guru |
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan
guru untuk mengamati kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi dasar. Tidak
harus setiap hari nilainya dicatat dalam daftar nilai.
C. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1.
Guru memberikan tugas berupa: menulis kalimat menggunakan ungkapan selain
yang berkaitan dengan teks hidup rukun.
2.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyanyikan
lagu Peramah dan Sopan dengan baik.
3.
Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah
mampu menyelesaikan soal latihan tentang pengenalan bilangan tiga angka sampai
999.
- Pengayaan
1.
Guru menjelaskan kembali kepada siswa tentang ungkapan yang belum
dimengerti oleh siswa.
2.
Guru mengulang kembali materi tentang menyanyikan lagu Peramah dan Sopan
dengan tekanan kuat dan lemah bagi siswa yang belum mampu menyanyikannya dengan
benar.
3.
Guru membahas kembali materi tentang pengenalan bilangan tiga angka
sampai 999.
0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 3"
Post a Comment