RPP kurikulum 2013 revisi 2020 tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3
KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SDN KUDANGUYAH
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan diberikan teks
percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks
percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menirukan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan gambar
kubus satuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka
dan tiga angka.
- Dengan diberikan nama
bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan lambang bilangan tiga angka
dengan benar, dan sebaliknya.
- Dengan diberikan teks
percakapan yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat percakapan yang
mengandung lambang bilangan tiga angka.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi
pada lagu anak dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu
anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah
bunyi pada lagu anak dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Ayo Mengamati Ø Siswa mengamati teks percakapan yang mengandung
ungkapan yang berkaitan dengan hidup rukun. Teks tersebut akan digunakan
untuk mencapai kompetensi dasar muatan Bahasa Indonesia dan Matematika. Ø Guru memotivasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang
berkaitan dengan ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup
rukun. Ayo Bermain Peran Ø Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin. Sikap yang
dapat diamati adalah percaya diri. Ø Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks
percakapan yang sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya. (Creativity
and Innovation) Ø Teks percakapan tersebut merupakan contoh sikap santun
yang dapat memelihara kerukunan. Selain itu, teks percakapan juga mengandung
ungkapan yang harus dipahami oleh siswa. Ø Siswa dibimbing untuk mengucapkan terima kasih dan
menjawab ucapan terima kasih dengan santun. Ø Ayo Mengamati Ø Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa. Ø Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai
tempat bilangan dua angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan
dengan tiga angka. Ø Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai
soal pada Buku Siswa. Ø Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal
pada Buku Siswa. Ø Siswa menuliskan kalimat yang mengandung lambang
bilangan tiga angka di dalam teks percakapan dengan cara berdiskusi dengan
teman sebangkunya. Ayo Bernyanyi Ø Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara
bergiliran satu persatu atau berpasangan. Ø Guru menyediakan lembar kegiatan berupa teks lagu yang
sudah diatur agar siswa dapat menandai bagian panjang pendek nada dan kuat
lemahnada. Ø Ketika temannya menyanyi, siswa menandai lagu pada
lembar kegiatan yang dinyanyikan sebagai latihan agar dapat menyanyikan lagu
dengan benar. Ø Siswa mengumpulkan hasil kerjanya. Ø Guru menilai kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu
anak birama 2 sesuai dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi (Rubrik
Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan 4.2). Sikap yang dikembangkan adalah percaya
diri). Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya
bersama orang tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang
tua membantu melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut
diperagakan bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu
menjaga sopan santun bila bercakap-cakap dengan orang lain. |
|
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD. NIP. 19630531 198305 2007 |
Tasikmalaya, Juli 2020 Guru Kelas 2 NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd. NIP. 19660429 198703 2006 |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses
pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No |
Tanggal |
Nama siswa
|
Catatan
perilaku |
Butir
sikap |
Tindak
lanjut |
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa
|
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan
seterusnya |
|
|
|
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Contoh Rubrik:
1)
Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di Dalam
Teks
Kriteria |
skor |
Minimal 3
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
4 |
Dua
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
3 |
Satu
ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar |
2 |
Belum bisa
menyebutkan ungkapan di dalam teks |
1 |
Rubrik Menuliskan Ungkapan dan menggunakan
ungkapan dalam kalimat
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketepatan arti ungkapan di dalam kalimat |
Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar |
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar tanpa bantuan guru
|
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar dengan bantuan guru |
Belum bisa mengartikan ungkapan
yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru |
3) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah
Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada satu bilangan yang dinyatakan
masih salah |
Ada dua bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Ada tiga bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Keterampilan: (kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan dinyatakan dengan
benar, |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bilangan yang masih
salah dibaca, dengan bantuan guru |
Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun
dibantu guru |
2)
SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek
Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu |
Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar,
tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya tanpa bantuan guru |
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi
panjangnya dengan bantuan guru |
Belum Ada yang benar dalam menentukan
bunyi panjang dan bunyi pendek lagu
meskipun dengan bantuan guru |
Keterampilan: (kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu |
Semua nada yang dinyanyikan sesuai
irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan
guru |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan
guru |
semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang
amsih salah, dengan bantuan guru |
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan
adalah percaya diri.
Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan
guru dalam mengamati kemampuan siswa mencapai kompetensi dasar tertentu.
Nilainya tidak harus dicatat setiap hari dalam daftar nilai.
C. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menjelaskan
makna ungkapan dalam teks percakapan dengan baik.
2.
Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu menuliskan nama
dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.
3.
Guru memberikan latihan lanjutan, bagi siswa yang telah mampu menyanyikan
lagu Peramah dan Sopan dengan baik.
- Pengayaan
1.
Guru memberikan bimbingan dan penjelasan lebih lanjut bagi siswa yang
belum mampu menjelaskan ungkapan dengan baik.
2.
Guru memberikan latihan terbimbing bagi siswa yang belum mampu
menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.
3.
Guru memberikan bimbingan lebih lanjut kepada siswa yang belum mampu
menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.
0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4"
Post a Comment