RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 2
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3
KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SDN KUDANGUYAH
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan diberikan gambar
perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi
sila-sila pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar
contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi
sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama
Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila
pertama pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks
percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang
termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh penerapan sila kedua
Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman
penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberi contoh
gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam
permainan sederhana dengan benar.
- Dengan diberi contoh
gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam
permainan sederhana dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Ayo Mengamati Ø Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang
terdapat simbol-simbol pada Pancasila. Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol
Pancasila. Ø Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga,
keempat, dan kelima. (Hots) Ayo Membaca Ø Siswa bersama-sama
membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa. Ø Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada
Pancasila. Ayo Menulis Ø Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila,
kemudian menuliskan bunyi sila yang sesuai. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam memasangkan simbol
dengan sila-sila pada Pancasila (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1).
Sikap yang dikembangkan adalah teliti. (Creativity
and Innvation) Ayo Mengamati Ø Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah
sesuai dengan agamanya masing-masing. Ø Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai
dengan gambar-gambar yang ditunjukkan. Ø Guru memotivasi siswa agar menanyakan hal-hal yang
berkaitan dengan kegiatan beribadah di dalam keluarga. Ø Siswa mencari informasi mengenai contoh-contoh
pengamalan sila pertama Pancasila. Kemudian, siswa dapat menunjukkan
contoh-contoh penerapan sila pertama dalam kehidupannya. Ø Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila
pertama Pancasila dalam kehidupannya. Ø Guru mengamati pemahaman siswa mengenai pengamalan sila
pertama pada Pancasila di rumah. (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD
4.1), sikap yang dikembangkan adalah percaya diri. Ayo Berdiskusi Ø Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok
terdiri atas 3–4 siswa. Ø Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa.
Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan
diskusi di dalam kelompoknya. Ø Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang
tersedia. Pertanyaan nomor 1 untuk mencapai KD 3.1 dan 4.1 Bahasa Indonesia. Ø Siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat dalam
teks cerita tentang hidup rukun. Guru menggunakan Rubrik Penilaian 2 untuk
mengamati kemampuan siswa. Ø Pertanyaan nomor 2, 3, dan 4 untuk mencapai KD PPKn (KD
3.1 dan 4.1). Ø Guru menggunakan Rubrik Penilaian 1 untuk mengamati
kemampuan siswa. Ø Siswa menceritakan tentang pengalamannya menerapkan
sila kedua Pancasila di rumah. Ø Sikap yang dikembangkan pada kegiatan diskusi ini
adalah percaya diri dan santun. Pada kegiatan diskusi diterapkan pendekatan
saintifik (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar,
mengomunikasikan). (Critical
Thinking and Problem Formulation) Ayo Bermain Peran Ø Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya
memperagakan percakapan. Ø Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu
teks percakapan. Ø Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada
ungkapan yang terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran, guru mengamati kemampuan siswa
dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri. Ayo Berlatih Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa
memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan
menggali informasi). Ø Siswa memperagakan sesuai contoh guru
(mencoba, menalar). Ø Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan
berpasangan atau jalan beregu. Ayo Mencoba Ø Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan
menirukan hewan berjalan. Ø Petunjuk Permainan Hewan Berjalan: ~Siswa berdiri melingkar, sedangkan guru
berdiri di tengah. ~Guru memberi aba-aba nama hewan. Siswa
menirukan gerakan hewan yang disebutkan guru. ~Pada saat siswa menirukan gerakan hewan,
guru mengacungkan jari menunjuk sebuah angka. ~Siswa mencari teman
sebanyak angka yang ditunjukkan oleh
guru, sambil berjalan menirukan gerakan hewan. ~Siswa yang tidak
mendapat teman, diminta untuk menyanyi. Ø Pada permainan
ini, guru dapat mengamati sikap sportif yang ditunjukkan oleh siswa. Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai
ungkapan yang dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan
dibimbing oleh orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di
rumah, kemudian membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan
ungkapan tersebut. |
|
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD. NIP. 19630531 198305 2007 |
Tasikmalaya, Juli 2020 Guru Kelas 2 NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd. NIP. 19660429 198703 2006 |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk
kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses
pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tindak lanjut |
|
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa |
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan seterusnya |
|
|
|
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Penilaian dan panduan konversi nilai dapat
dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
Contoh Rubrik:
1) PPKN
Rubrik Bercerita Penerapan Sila Pertama pada
Pancasila (KD 3.1 dan KD 4.1)
Skor |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Menyebutkan contoh perilaku sesuai
dengan sila pertama pada pancasila, minimal 3 contoh |
Semua contoh penerapan sila pertama
pancasila disebutkan dengan benar |
Dua contoh penerapan sila pertama
pancasila disebutkan dengan benar |
Satu contoh penerapan sila pertama
pancasila disebutkan dengan benar |
Belum bisa menyebutkan penerapan
sila pertama pancasila disebutkan dengan benar |
Kesesuaian Isi cerita dengan
penerapan sila pertama pada pancasila |
Isi cerita sesuai dengan penerapan
sila pertama pada pancasila diceritakan tanpa bantuan guru |
Ada sebagian cerita yang belum
selesai diceritakan tanpa bantuan guru |
Ada sebagian cerita yang belum
sesuai, diceritakan dengan bantuan guru |
Cerita tidak sesuai dengan
penerapan sila pertama pada pancasila |
Sikap yang diamati dan dikembangkan adalah
percaya diri
2) Bahasa Indonesia
Pengetahuan : Menentukan dan Menjelaskan
Ungkapan di Dalam Teks
Skor |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketepatan ungkapan |
Semua ungkapan di dalam teks dapat
disebutkan dengan benar |
Ada beberapa ungkapan yang belum
disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru |
Ada beberapa ungkapan yang belum
disebutkan dengan benar dengan bantuan
guru |
Belum bisa menyebutkan ungkapan yang belum disebutkan dengan benar
tanpa bantuan guru |
Keterampilan : Menuliskan Arti Ungkapan dalam Kalimat
Aspek/
Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketetapan arti ungkapan |
Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar |
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar. Tanpa bantuan
guru |
Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar. Dengan bantuan guru |
Belum bisa mengartikan ungkapan di
dalam teks dengan benar, . dengan bantuan
guru |
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan:
teliti.
3) PJOK
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak Dasar
Berjalan (KD 3.1 dan 4.1)
Skor |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan: Menjelaskan gerak dasar berjalan:
sikap tubuh dan kangkah kaki benar |
Sikap tubuh dan langkah kaki dalam
berjalan dijelaskan dengan benar, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa Sikap tubuh dan
langkah kaki yang belum benar dijelaskan, tanpa bantuan guru |
Ada beberapa Sikap tubuh dan
langkah kaki yang belum benar dijelaskan, dengan bantuan guru |
Masih belum bisa menjelaskan Sikap tubuh dan langkah kaki dengan benar
dengan bantuan guru |
Keterampilan: Mempraktikkan gerak dasar berjalan(
sikap tubuh, langkah kaki, dan arah berjalan benar) |
Dapat mempraktikkan gerak dasar
berjalan dnegan benar, tanpa bantuan guru |
Ada salah satu kriteria yang masih
salah |
Hanya satu kriteria yang benar |
Sikap tubuh langkah kaki, dan arah
dalam berjalan masih salah. |
Sikap yang dapat diamati dan
dikembangkan : disiplin
C. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1.
Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami hubungan
antara simbol dan sila-sila pada Pancasila.
2.
Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan sila pertama
dan kedua Pancasila bagi siswa yang belum mampu menceritakan pengalamannya
menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila.
3.
Guru membahas kembali materi tentang ungkapan dan artinya bagi siswa yang
belum memahami arti ungkapan.
4.
Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan gerak dasar berjalan
agar kemampuannya lebih baik.
- Pengayaan
1.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu
menghubungkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila.
2.
Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu menceritakan
pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila di rumah. Guru menugaskan siswa
menuliskan cerita tersebut.
3.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu mengartikan
ungkapan dengan benar.
4.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu melakukan
gerakan dasar berjalan berpasangan atau beregu, serta menirukan gerakan hewan
berjalan.
0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 2"
Post a Comment