RPP IPS Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :SD Negeri Perjuangan
Kelas / Semester:IV (Empat) / 1
Tema 4:Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1:Jenis-Jenis Pekerjaan
Pembelajaran:2
Alokasi Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
Indikator :
Menemukan dan menceritakan unsur unsur cerita dari teks cerita petualangan “Semut dan Belalang”

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator :
Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja di masyarakat
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numeric dan geometris
Indikator :
Menghitung luas bangun datar menggunakan alat ukur tidak baku
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai definisi ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator :
Mengidentifikasi hubungan antara benda-benda dalam kehidupan sehari-hari dengan jenis pekerjaan

C.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menganalisa gambar dan diskusi siswa mampu menjelaskan hubungan antara jenis pekerjaan dan benda yang dihasilkan dengan benar.
Setelah eksplorasi, siswa mampu menghitung luas permukaan bangun datar menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
Setelah membaca teks cerita petualangan “Semut dan Belalang”, siswa mampu menemukan unsur cerita dari teks.
Setelah membaca teks “Semut dan Belalang”, siswa mampu menjelaskan manfaat bekerja dengan rinci.
Setelah membaca teks “Semut dan Belalang”, siswa mampu menjelaskan sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja minimal 3.
D.MATERI PEMBELAJARAN
Menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan.
Eksplorasi mengukur luas permukaan benda dan menggunakan alat ukur tidak baku
Membaca serta menemukan unsur cerita dari teks petualangan Si Semut dan Belalang.
Menjelasakan kewajiban bekerja dalam masyarakat

E.METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Berbagai Pekerjaan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Siswa mengamati gambar makanan yang ada di buku. (Mengamati)
Siswa mengamati gambar sepuluh jenis profesi yang ada di buku.
Siswa mencocokkan antara profesi dan bahan makanan yang dihasilkan. (Mengasosiasi)
Guru menyimpulkan hasil belajar bahwa setiap benda di sekitar kita dihasilkan oleh orang-orang dengan berbagai jenis pekerjaan. (Mengkomunikasikan)
Siswa membaca materi tentang luas bangun datar yang ada di buku. Siswa diberi waktu sekitar 10 menit untuk memahami tugas yang akan mereka lakukan. (Mengamati)
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri atas 3–5 siswa. (Mengekplorasi)
Setiap kelompok akan menggunakan dua buah meja kelas. Mereka akan melakukan eksplorasi untuk memahami konsep dasar luas.
Siswa melakukan eksplorasi yaitu mengukur luas beberapa permukaan benda menggunakan pengukur yang ada di kelas atau di sekitar sekolah. (Mengekplorasi)
Siswa menuliskan hasil eksplorasi di tabel.
Siswa menyimpulkan hasil eksplorasi mereka tentang luas permukaan bidang datar persegi panjang atau persegi di buku. (Mengkomunikasikan)
Siswa membaca senyap (dalam hati) tentang kisah “Semut dan Belalang” yang ada di buku. (Mengamati)
Siswa menjawab pertanyaan di buku. (Menanya)
Siswa bersama guru menyimpulkan arti pekerjaan dan manfaat bekerja. (Mengkomunikasikan)
150 menit
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Berbagai Pekerjaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Berbagai Pekerjaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Benda-benda dan lingkungan di sekitar sekolah atau kelas.
H.PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Daftar Periksa untuk IPS dan PPKn
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan maksud dari pekerjaan dengan benar.
Menuliskan alasan orang bekerja.
Menuliskan sikap yang harus dimiliki oleh pekerja.
2. Daftar periksa untuk menjawab pertanyaan (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
Dapat menyimpulkan isi teks yang dibaca
Menuliskan pesan moral dari teks yang dibaca
3. Penilaian Sikap (rasa ingin tahu, kritis, tekun, dan teliti).
Beri tanda (() pada kolom sesuai dengan sikap siswa.
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Ber-kembang
Membu-daya
Ket.
Teliti
Bertanggung Jawab
Disiplin



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP IPS Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan"

Post a Comment