RPP Kelas VI Tema 3 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan SDN Perumnas Cisalak
Kelas / Semester VI (Enam) / 1
Tema 3 (Tokoh dan Penemuan)
Sub Tema 1 Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran 3
Alokasi Waktu 6 x 35 menit (1 Hari)
Hari / Tgl Pelaksanaan : Selasa / 09 Oktober 2018


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

1
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

3.2.1 Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah.


2
4.2 Menyajikan secara lisan, tulis, dan visual hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
4.2.1 Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan peta pikiran.






IPA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR

1
3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
3.4.1 Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan peta pikiran.

2
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
4.4.1 Mengidentifikasi rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.




C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan mandiri.
Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan peta pikiran secara tepat.
Dengan percobaan dan pengamatan video, siswa mampu mengidentifikasi rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lengkap.
Setelah percobaan dan pengamatan video, siswa mampu menyajikan laporan tentang rangkaian seri dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

D. MATERI PEMBELAJARAN (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
Bahasa Indonesia
Fakta :





Konsep :
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau meguraikan rangkaian peristiwa terbentuknya suatu fenomena alam atau peristiwa sosial.

Prinsip :
Teks ekslanasi bermanfaat untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang proses terjadinya sesuatu yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.

Prosedur :
Pada tahap ini siswa mulai diperkenalkan pada ciri-ciri teks ekplanasi ilmiah, dengan menganalisis jawaban mereka sesuai dengan struktur pada setiap paragrafnya.

IPA
Fakta :


Konsep :
Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Baterai dalam senter umumnya disusun dalam rangkaian seri. Sedangkan Rangkaian listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel.

Prinsip :
Rangkaian yang disusun secara sejajar disebutrangkaian seri, sedangkan rangkaian yang disusun secara berderet disebut rangkaian paralel. Komponen yang tersusun seri akan terhubung melalui satu jalur, sehingga aliran arus listrik akan mengalir ke semua komponen.

Prosedur :
Mengamati video tentang rangkaian seri dan parallel dan menggambar rangkaian seri dan paralel.

E. PENDEKATAN, MODEL & METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran:
LKS 1 (Mandiri)
LKS 2 (Kelompok)
Laptop
Proyektor

Bahan pembelajaran
Kertas HVS

G. SUMBER BELAJAR
Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.
Siswa dikondisikan agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Guru meengajak semua siswa berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dipimpin oleh ketua kelas. (Religius)
Siswa diingatkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai semua aktivitas yang akan dilakukan
Menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”. (Nasionalis)
Pembiasaan membaca 15 menit. (Literasi)
Siswa menyimak informasi dari guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu “ Tokoh dan Penemuan”
Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang tahapan kegiatan yang dilakukan, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Guru menyampaikan jenis penilaian selama proses pembelajaran.

10 menit

Inti
Siswa membaca kembali cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia” pada pembelajaran kedua.
Siswa menuliskan kembali jawaban pada diagram yang tersedia dan menyesuaikan dengan urutan paragrafnya. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram.
Siswa memeriksa ulang jawaban mereka dengan menjawab pertanyaan-pertayaan yang terdapat di buku untuk memastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan.
Pada tahap ini, siswa mulai diperkenalkan pada ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah, dengan menganalisis jawaban mereka sesuai dengan struktur pada setiap paragrafnya.
Guru berkeliling untuk memastikan siswa mampu melakukan analisis jawaban secara mandiri.
Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman dan menyampaikan hasil diskusi kepada guru. (Communication)
Guru memberikan penguatan.
Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau menguraikan rangkaian peristiwa terbentuknya suatu fenomena alam atau peristiwa sosial. Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang proses terjadinya sesuatu yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.
Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), penjelasan (isi), dan penutup (kesimpulan).
Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian penjelasan berisi urutan uraian tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap atau berurutan. Sementara itu, bagian penutup merupakan kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik/proses yang dijelaskan.
Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat sains, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
Siswa membaca kembali daftar alat dan bahan yang telah dibuat pada pembelajaran pertama.
Siswa menyiapkan alat dan bahan yang telah dibawa.
Siswa mengamati kembali gambar rangkaian seri pada lampu baterai.
Siswa menggambar rencana rangkaian lampu seri yang akan dibuat berdasarkan rangkaian pada senter.
Siswa menyesuaikan rancangan dengan bahan-bahan yang dimiliki.
Siswa dapat menambah jumlah lampu atau baterai pada gambar rancangannya, sehingga rangkaian lampu akan beragam.
Guru memeriksa gambar rangkaian seri siswa.
Guru dapat memeriksa gambar rancangan saat siswa membuatnya, dengan cara ini akan lebih cepat dan menghemat waktu sehingga siswa tidak perlu menunggu terlalu lama. (Creativity and Innovation)
Pastikan gambar rancangan seri siswa benar dan tepat, sehingga siswa berhasil merakit rangkaiannya.
Siswa membaca panduan keselamatan kerja. Berikan pemahaman bahwa panduan tersebut dibuat untuk keselamatan mereka.
Siswa kemudian merakit rangkaian serinya berdasarkan gambar yang telah dibuat. (Mandiri)
Saat rangkaian selesai, siswa kemudian mengujinya, memastikan jika lampu mereka berhasil menyala.
Siswa melakukan pengujian dengan melakukan instruksi yang terdapat di buku.
Siswa kembali menuliskan alat dan bahan yang akan dibawa untuk membuat rangkaian paralel dan lampu lalu lintas pada tabel yang tersedia.
Guru dapat membimbing siswa saat menentukan jumlah alat dan bahan untuk rangkaian paralel dan lampu lalu lintas. (Creativity and Innovation)
Siswa kemudian menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian seri pada tabel yang tersedia.

150 menit

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama pembelajaran (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu.
Guru menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru bersama siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
15 menit


I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Aspek Penilaian 
Penilaian sikap
Teknik : Non tes
Instrumen : Lembar Observasi
Format jurnal Penilaian Sikap
No.
Tanggal
Nama siswa
Catatan
Perilaku
Nilai utama karakter
Karakter Oprasional
Tindak lanjut
Hasil

1.








2.








3.








4.








5.








6.








Dst.









Percaya diri
Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa 
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Berani Tampil
Berani Mencoba
Berani Berpendapat
Menyampaikan Kritik




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB



















































Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Kerjasama
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Melakukan diskusi
Ikut menyelesaikan tugas
Aktif dalam kelompok
Bekerja sama




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB










































































Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa
Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Tanggung Jawab
Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa :
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Menyelesaikan Tugas Belajar
Membuat Laporan
Melaksanakan Kebersihan
Mengerjakan Tugas Guru




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB






























































Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes
Bentuk : Isian
Jenis : Tulisan
Instrumen : Soal
Bahasa Indonesia
Soal:
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan jawaban.
Amati kembali jawabanmu ! pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan  bacaan!
Coba buat teks eksplanasi ilmiah tentang cerita tersebut dengan diagram berikut !
















Kunci Jawaban:
Pernyataan umum: Michael Faraday adalah tokoh Penemu Arus Listrik lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris.
Deret penjelas: Arus listrik adalah gelombang elektronmagnetik,yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik.
Kesimpulan: Betapa pentingnya peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktiitas sehari-hari.

IPA
Soal:
Apa yang dapat kalian simpulkan tentang video yang tadi ditampilkan tentang rangkaian listrik ? Jelaskan menurut pendapat kelompok !
Jelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel !
Gambarkan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel !

Kunci Jawaban:
Listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya listrik kita sama sekali tidak bisa melakukan hal apa-apa seperti contoh, kita sangat butuh lampu sebagai penerang dan menggunakan listrik.
Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Baterai dalam senter umumnya disusun dalam rangkaian seri. Sedangkan Rangkaian listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel.


Rubrik Penilaian
1. Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa menggunakan rubrik berikut.
                                       


3. IPA
Laporan hasil pengamatan membuat rangkaian seri diperiksa menggunakan rubrik.
     

Skor maksimal = 100

Nilai siswa : Nilai = Jumlah Skor  X 100
Skor Maksimal








Guru Kelas VI




Neti Rohayati, S.Pd
NIP. 19820210 200604 2 003
Tasikmalaya, Oktober 2018
Praktikan




Mila Karmila
NIM.1501020005























LKS 1 (Individu)

Lembar Kerja Siswa ( Mandiri)
Nama : ................................................
Kelas : ................................................
No. Absen : ................................................
Asal Sekolah : ................................................

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan jawaban.
Amati kembali jawabanmu ! pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!
Coba buat teks eksplanasi ilmiah tentang cerita tersebut dengan diagram berikut !



















LKS 2 (Kelompok)
Lembar Kerja Kelompok

Nama Kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

Petunjuk Umum
Berdoa sebelum mengerjakan soal.
Utamakan PERCAYA DIRI, JUJUR dan BERTANGGUNG JAWAB.
Dilarang mencontek jawaban teman kelompok sebelahnya, ataupun menjiplaknya.
Bekerja dengan teman satu kelompoknya untuk menghasilkan jawaban yang tepat.

Apa yang dapat kalian simpulkan tentang video yang tadi ditampilkan tentang rangkaian listrik ? Jelaskan menurut pendapat kelompok !
Jelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel !
Gambarkan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas VI Tema 3 Semester 1"

Post a Comment