RPP Matematika Model Make A Match Kelas 6 Sd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan SDN Perumnas Cisalak
Kelas / Semester VI (Enam) / 1
Mata Pelajaran Matematika
Pembelajaran 2
Alokasi Waktu 3 x 35 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan : Jumat / 05 Oktober 2018

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

1
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung camuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi


4.3.1  Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal




4.3.2  Mengubah decimal menjadi pecahan biasa



C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan sebaliknya.

D. Materi Pembelajaran (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
  Matematika
Fakta :
Mengubah Pecahan Biasa menjadi Pecahan Desimal
 = 0,3
2.  = 0,45
3.  = 0,125
4.  = 0,75
5. 1 = 1,4
6.  = 0,625

Mengubah desimal menjadi pecahan biasa
0,8 =
0,25 =
0, 375 =

Konsep :
Pecahan desimal adalah pecahan persepuluhan, perseratusan, perseribuan, dan seterusnya yang ditulis dengan menggunakan tanda koma.

Prinsip :
Cara mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya adalah dengan mengubah penyebut pecahan menjadi 10, 100, 1000 atau seterusnya. Penyebut 10 berarti ada 1 angka di belakang koma, penyebut 100 berarti ada 2 angka di belakang koma, penyebut 1.000 berarti ada 3 angka di belakang koma, dan seterusnya.

Prosedur :
Jika penyebut pecahan tidak dapat dijadikan kelipatan 10, mengubah pecahan desimal dapat dilakukan dengan cara pembagian.

Pendekatan, Model & Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Cooperative Learning Tipe Make a Match

Metode : Diskusi permainan, tanya jawab, ceramah,penugasan

Media, Alat dan Sumber Belajar   
Media Pembelajaran :
LKS 1(Mandiri)
Kartu Soal dan Jawaban

Bahan Pembelajaran:
Kertas Origami

Sumber Belajar :
 Buku Siswa Kelas VI Kurikulum 2013 Revisi, Gunanto dan Dhesy Adhalia, Jakarta : Gelora Aksara Pratama

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.
Siswa dikondisikan agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Guru meengajak semua siswa berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dipimpin oleh ketua kelas. (Religius)
Siswa diingatkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai semua aktivitas yang akan dilakukan
Menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”. (Nasionalis)
Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pecahan, guru menceritakan tentang makan pagi di sebuah keluarga, se.potong roti dimakan orang tiga , setiap orang memperoleh berapa bagian dengan sama. (Literasi)
Siswa menyimak informasi dari guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu ‘’ Mengubah berbagai bentuk pecahan ‘’
Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang tahapan kegiatan yang dilakukan, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Guru menyampaikan jenis penilaian selama proses pembelajaran.

10 menit

Inti
Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan :
Apa pecahan sering kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari ?
Coba contohkan kegiatan seperti apa ?
(Critical Thingking)
Siswa menyimak guru bahwa pecahan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Guru menyiapkan beberapa kartu dan lembar kerja untuk siswa.
Siswa diberi petunjuk cara melakukan pelaksanaan kegiatan Make a Match.(Mandiri)
Siswa dibentuk menjadi 4 kelompok, 2 kelompok memegang kartu soal dan 2 kelompok yang lain memegang kartu jawaban.
Guru membagikan kartu dan lembar kerja siswa ke masing-masing kelompok.
Setiap kelompok mengamati permasalahan pada kartu yang dipegang. .(Kerjasama)
Siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Misalnya siswa yang diberi soal tentang mengubah pecahan biasa ke desimal maka langkah yang diambil siswa tersebut yaitu mencari teman yang memegang jawaban yang benar mengenai materi pada kartu soal.(Teliti dan Problem Solving)
Siswa mengkomunikasikan hasil pekerjaannya di depan kelas secara bergantian.(Communication)
Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu (5 menit) diberi poin.
Setelah siswa mencocokan kartu, kemudian mempresentasikan hasil kartu yang di pegang di depan kelas. (Percaya Diri dan Tanggung jawab)
Setelah satu babak, kartu di kocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.

20 Menit

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama pembelajaran (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu.
Guru menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru bersama siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
5 menit


pENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.  Penilaian Kelompok
a. Jenis test            : Tes perbuatan melalui kegiatan Make A Match
b. Bentuk test        : Permainan
c. Alat penilaian : Lembar observasi kegiatan siswa

Format Lembar Observasi Kegiatan Siswa Model Pembelajaran Make A Match
NO


Nama Siswa

Kegiatan Setiap Tahap

Aktif/ Tidak
Jumlah Skor
Catatan Guru



1
2




1







2







3







4







dst








Keterangan :
Kriteria Penilaian dalam kegiatan :
Keiku sertaan aktif skor 50
Mampu mencari pasangan tahap I dengan benar skor 25
Mampu mencari pasangan tahap II dengan benar skor 25
Jumlah total = (Keikut sertaan + nilai tahap I + nilai tahap II)
Skor Maksimal = 100

2. Penilaian Individu
a. Jenis test : Tertulis
b. Bentuk tes : Tes isian
c. Alat Penilaian : Soal Individu dan kunci jawaban

Format Lembar Kerja Individu

LEMBAR KERJA SISWA
(Individu)


Ayo kerjakan soal-soal berikut !
Ubahlah pecahan berikut menjadi bentuk desimal !



1


Ubahlah bentuk desimal berikut menjadi pecahgan biasa !
0,25
0,125
0,325
0,75
1,25


Kunci Jawaban

a. 0,25
b. 0,5
c. 0,75
d. 1,2
e. 0,875

a.
b.
c.
d.
e.  = 1






















Guru Kelas VI



Reni Mariani, S.Pd
NIP. 197806282014082001

Tasikmalaya, Oktober 2018
Mahasiswa PLP



Mila Karmila
NIM. 1501020005






LAMPIRAN MATERI

Perlengkapan Penunjang Kegiatan Pembelajaran Model Make A Match
NO
KARTU PERTANYAAN
KARTU JAWABAN


Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal

1


0,2

2


0,8

3


0,375

4


0,9

5


0,4

6


0,1

7


0,834

8


3,5

9


0,667

10


0,625

11


0,78

12


0,6


MENGUBAH DESIMAL MENJADI PECAHAN BIASA

13
0,6



14
0,75



15
0,32



16
0,17



17
0,25



18
0,125



19
1,2



20
0,4



21
0,8



22
0,45



23
0,7



24
0,85











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Matematika Model Make A Match Kelas 6 Sd"

Post a Comment