RPP Kelas 5 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN Perumnas
Kelas / Semester : V / 1
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sub Tema 1 : Peredaran Darahku Sehat
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan mengamati gambar peredaran darah manusia, siswa dapat menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
Dengan kegiatan berkreasi menggambar, siswa dapat menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.
Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat.
Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, siswa dapat membuat pantun dengan tema tertentu, lalu menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat dengan benar.

Karakter siswa yang diharapkan :          Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
 Integritas

C. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
Menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun.
Membuat pantun dengan tema tertentu, lalu menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat.
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
Indikator :
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
Menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.

D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Peredaran Darahku Sehat”. Mandiri
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication

15 menit

Inti
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan meminta salah satu siswa membacakan pantun pada buku siswa dengan suara nyaring. Communication
Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa isi pantun yang dibacakan temanmu?
Siswa mengembangkan jawaban mengenai isi pantun yang dibacakan temannya secara mandiri dalam kaitannya dengan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mandiri
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.6.

Hasil yang diharapkan:
Siswa memiliki pengetahuan dasar mengenai manfaat berolahraga bagi tubuh, misalnya melancarkan peredaran darah.
Siswa siap, termotivasi, dan terangsang untuk belajar lebih jauh lagi mengenai organ peredaran darah manusia dan fungsinya.
Siswa memiliki kepedulian terhadap pentingnya kesehatan organ peredaran darah.
180 menit



Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar peredaran darah pada manusia. Mandiri
Catatan:
Pada kegiatan mengamati, guru menstimulus siswa agar cermat dalam mengamati gambar bagian-bagian jantung yang terlibat dalam peredaran darah. Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa saja bagianbagian jantung yang tampak pada gambar? Critical Thinking and Problem Solving
Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah. Mandiri
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa peredaran darah pada manusia ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Communication
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4.
Hasil yang diharapkan:
Siswa dapat menjelaskan peredaran darah pada manusia.
Siswa mengetahui bagian-bagian jantung yang terlibat dalam peredaran darah manusia, yaitu bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, dan serambi kiri.
Siswa dapat menjelaskan peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.



Pada kegiatan AYO MENULIS: Setelah siswa mengetahui peredaran darah kecil dan peredaran darah besar pada manusia, siswa diminta mencari informasi tentang organ tubuh yang terlibat dalam proses peredaran darah dari berbagai sumber. Mandiri
Guru menciptakan suasana demokratis sehingga siswa dapat memperoleh informasi baik melalui buku atau sumber lainnya maupun berdiskusi dengan siswa lainnya. Collaboration
Siswa diminta menuliskan organ-organ tubuh manusia yang terlibat dalam peredaran darah. Mandiri
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4
Hasil yang diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk mencari informasi tentang organ tubuh manusia yang terlibat dalam peredaran darah dari berbagai sumber.
Siswa mampu mengolah dan menyajikan/menuangkan data/informasi yang didapat secara tertulis.
Siswa mengetahui organ tubuh manusia yang terlibat dalam proses peredaran darah.



Pada kegiatan AYO MENCOBA: Siswa telah memahami bahwa jantung merupakan salah satu organ yang terlibat dalam peredaran darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah. Selanjutnya, siswa diminta mencoba merasakan denyut nadi atau denyut jantungnya. Mandiri
Denyut nadi terjadi karena jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi. Oleh karena itu, pembuluh nadi ikut berdenyut. Denyut nadi dapat terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga. Communication
Guru meminta masing-masing siswa untuk menempelkan ketiga jari tangan kanan (telunjuk, tengah, dan manis) pada pergelangan tangan kiri, lalu menekannya secara perlahan. Mandiri
Siswa diminta merasakan dan menghitung denyut nadinya selama 15 detik.
Siswa diminta menghitung kecepatan denyut jantung dengan cara, hasil penghitungan denyut jantung selama 15 detik dikalikan 4.
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4.
Hasil yang diharapkan:
Siswa dapat merasakan denyut jantungnya.
Siswa mengetahui bagian-bagian tubuh untuk mengetahui denyut jantung, misalnya pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.



Pada kegiatan AYO MENCARI TAHU: Siswa telah memahami bahwa pembuluh darah merupakan salah satu organ tubuh yang terlibat dalam peredaran darah. Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik. Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang perbedaan-perbedaan pokok antara pembuluh nadi dan pembuluh balik. Critical Thinking and Problem Solving
Guru dapat mengajak siswa ke perpustakaan sekolah agar siswa leluasa dalam mencari informasi melalui buku-buku atau jaringan internet di sekolah. Literasi
Siswa mengolah dan menyajikan/menuangkan data/informasi yang didapat secara tertulis dalam bentuk tabel seperti contoh dalam buku siswa. Critical Thinking and Problem Solving
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4 dan 4.4.
Hasil yang diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk mencari informasi tentang perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik dari berbagai sumber.
Siswa dapat menuliskan informasi yang didapat mengenai perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik dalam bentuk tabel.
Siswa mengetahui perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.



Pada kegiatan AYO BERKREASI: Berdasarkan uraian pada buku siswa, siswa telah memahami peredaran darah pada manusia. Selanjutnya, siswa diminta untuk menggambar cara kerja organ peredaran darah pada manusia dan menuliskan keterangan gambar yang dibuat. Creativity and Innovation
Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.
Kertas gambar.
Pensil.
Penghapus.
Pewarna (spidol atau pensil warna).
Setelah itu, siswa juga diminta menuliskan cara kerja organ peredaran darah manusia berdasarkan gambar yang dibuat. Mandiri
Siswa diminta mengumpulkan hasil gambarnya.
Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi hasil gambar siswa.
Guru menyatukan hasil gambar siswa dalam bentuk kliping. Creativity and Innovation
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4 dan 4.4.
Hasil yang diharapkan:
Siswa mampu menggambar cara kerja organ peredaran darah pada manusia.
Siswa mampu menuliskan cara kerja organ peredaran darah manusia berdasarkan gambar.



Pada kegiatan AYO MENULIS: Guru membuat jembatan untuk mengantarkan pembelajaran dari materi peredaran darah manusia ke materi pantun, misalnya dengan mengatakan, “Menjaga kesehatan organ peredaran darah merupakan wujud syukur kepada Tuhan. Cara mengungkapkan rasa syukur dapat dilakukan dalam berbagai cara, misalnya melalui pantun.” Communication
Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan pantun dalam buku siswa. Literasi
Guru secara interaktif mengadakan tanya jawab tentang isi pantun.
Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang pantun dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap mengetahui tentang pantun, membaca buku, atau mencari dari internet. Creativity and Innovation
Sisa diminta mencari informasi tentang pengertian pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun.Siswa menuangkan informasi yang didapat dengan menuliskannya pada kolom buku siswa.
Setelah siswa mengetahui tentang pantun, siswa diminta untuk membuat pantun. Mandiri
Siswa diminta untuk menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat.
Lihat tulisan tangan halaman 3.
Hasil yang diharapkan:
Siswa mampu menemukan informasi tentang pantun dari berbagai sumber.
Siswa mampu menuangkan informasi yang didapat dalam bentuk tulisan.
Siswa dapat menyebutkan pengertian, bagian-bagian, dan ciri-ciri pantun.
Siswa dapat membuat pantun.
Siswa dapat meunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat, yaitu bagian-bagian pantun.


Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit


E. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Buku Tematik kelas V Tema 4, teks bacaan, gambar peredaran darah manusia, dan alat tulis (misalnya, pensil, dan pulpen).






Guru Kelas V



(Yayah Heryati, S.Pd)
NIP.19600817 198204 2 009

Tasikmalaya, September 2018
Mahasiswa PLP



(Mila Karmila)
NIM. 1501020005

























LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
Mengamati gambar organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
Menuliskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
Membaca pantun.
Menjelaskan pengertian pantun.

PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah























LAMPIRAN 2
Penilaian
Rubrik Berkreasi

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1

Hasil kreasi
Memuat gambar,
keterangan
gambar, tulisan
tentang cara
kerja peredaran
darah manusia,
dan sesuai
dengan materi
atau teori
Hanya memuat
3 dari 4
hasil yang
diharapkan
Hanya memuat
2 dari 4
hasil yang
diharapkan
Hanya memuat 1
dari 4 hasil yang
diharapkan

Keterampilan
Penulisan:
Informasi
ditulis
dengan
benar,
sistematis
dan jelas,
yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang baik
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas
Keseluruhan
hasil penulisan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil penulisan
yang sistematis dan
benar menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan




Rubrik Mencari Tahu tentang Pantun
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1

Informasi yang
termuat dalam
tulisan
Memuat definisi
pantun, ciri-ciri
pantun, bagianbagian
pantun,
dan jenis-jenis
pantun
Memuat 3 dari
4 informasi
Memuat 2 dari 4
informasi
Hanya memuat
1 dari 4
Informasi

Penggunaan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan dalam
penulisan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan

Keterampilan
Penulisan:
Informasi ditulis
dengan benar,
sistematis dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas
Keseluruhan
hasil penulisan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
terus berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang masih
perlu terus
ditingkatkan














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas 5 SD"

Post a Comment