RPP Kelas 4 Tema 4 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN Perumnas Cisalak
Kelas / Semester : IV/I
Tema                          : Berbagai Pekerjaan (Tema 4)
Sub Tema                  :  Jenis-Jenis Pekerjaan (Subtema 1)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu            : (6 x 35 menit)/ 1 hari
Hari/Tanggal Pelaksanaan : Senin/08 Oktober 2018

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Muatan: IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

3.8.1  Mengidentifikasi pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.


4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
4.8.1  Memberikan contoh kegiatan menjaga kelestarian sumber daya alam.


Muatan: IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3  Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

3.3.1  Membandingkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.


4.3  Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1  Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggal penduduk dalam bentuk tulisan.


Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5  Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

3.5.1  Menilai tokoh yang terdapat didalam cerita.


4.5  Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
4.5.1  Mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan teks tulisan.



TUJUAN PEMBE;LAJARAN
Setelah membaca teks dan mengamati gambar tentang pekerjaan di pegunungan, siswa mampu membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram venn.
Menggunakan diagram venn, siswa mampu mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan yang  dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap
Setelah membaca cerita tentang taman bermain yang hilang, siswa mampu menilai tokoh yang ada didalam cerita dengan detail.
Setelah membaca cerita tentang taman bermain yang hilang, siswa mampu mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan detail.


MATERI PEMBELAJARAN (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
IPA
Fakta :
Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Begitu juga tanah yang ditanaminya. Menjaga keseimbangan alam perlu dilakukan agar tidak merugikan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Konsep :
Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaanya. Penngunaan yang berlebihan akan merugikan kita sebagai manusia.
Sumber daya alam adalah sesuatu yang ada di alam dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Prinsip :
Usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber daya alam dengan cara penanaman kembali hutan-hutan yang gundul, membuat tambak di aliran sungai untuk budi daya berbagai jenis hewan, seperti ikan dan udang, dan meningkatkan penggunaan sumber daya alam yang tidak terbatas, seperti matahari, angin dan tenaga angin.

Prosedur :
Membuat peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.

IPS
Fakta :


Konsep :
Jenis pekerjaan memetik teh merupakan jenis pekekerjaan yang ada di Dataran Tinggi. Dataran tinggi memiliki suhu yang sejuk. Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi biasanya bekerja sebagai peternak, pedagang dan pekebun tanaman perkebunan.

Prinsip :
Ada beberapa jenis-jenis pekerjaan sesuai dengan tempat tinggal masyarakat Indonesia, misalnya dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Setiap tempat tinggal memiliki sumber daya dan kondisi yang berbeda-beda. Dalam hal ini mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat.

Prosedur :
Membuat diagram venn dengan membandingkan jenis pekerjaan yang berada di sekitar rumah.

Bahasa Indonesia
Fakta :


Konsep :
Membaca teks tersebut dan mendeskripsikan tentang kegiatan yang ada pada teks.

Prinsip :
Dalam membaca teks, siswa diharuskan mengamati teks tersebut sehingga mereka mengerti dan bisa membedakan tokoh-tokoh dalam cerita teks tersebut.

Prosedur :
Menjawab pertanyaan no 1-4 dan mendiskusikan dengan kelompok.



PENDEKATAN, MODEL, & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran
LKS Kelompok
LKS Individu   
Gambar jenis-jenis pekerjaan

SUMBER BELAJAR
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4 (Berbagai Pekerjaan: Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Berbagai Pekerjaan: Buku Siswa/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016)


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.
Siswa dikondisikan agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Guru meengajak semua siswa berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dipimpin oleh ketua kelas. (Religius)
Siswa diingatkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai semua aktivitas yang akan dilakukan
Menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”. (Nasionalis)
Guru melakukan kegiatan apersepsi kepada siswa dengan bercerita mengenai berbagai pekerjaan. Bahwa
Banyak macam-macam pekerjaan yang ada di Indonesia. (Literasi)
Siswa menyimak informasi dari guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu “ Berbagai Pekerjaan”
Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang tahapan kegiatan yang dilakukan, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Guru menyampaikan jenis penilaian selama proses pembelajaran.

    10
    menit

Inti
Membaca
Siswa diajak berdiskusi tentang PEKERJAAN. Guru memperlihatkan teh yang dibawanya dan mengajukan beberapa pertanyaan.
Apa manfaat teh?
Kira-kira, di mana teh tumbuh?
Pekerjaan apa saja yang terlibat sehingga teh dapat sampai ke konsumen?
(Critical Thingking)
Siswa diajak bertukar pikiran.
Siswa kemudian diajak untuk membuka buku pelajaran dan membaca teks ‘Tempat Hidup Tanaman Teh’.

Secara klasikal, guru kemudian membahas Jawaban-jawaban siswa dan menyimpulkannya bersama.

Siswa kemudian diajak untuk menyimpulkan nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan pelestarian alam dan sumber daya alam.(Mandiri)
Siswa diminta untuk mengisi peta pikiran yang ada di dalam buku. Sebelumnya siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang pengisiannya. Guru dapat memberikan satu contoh jawaban untuk memberi gambaran yang jelas.



Siswa mengisi diagram dan mendiskusikannya dengan teman satu kelompok. Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (Gotong Royong dan Communication)

Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai pentingnya menjaga keseimbangan alam dan sumber daya alam. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya lebih lanjut mengenai materi yang sedang dibahas. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. (Percaya Diri dan Tanggungjawab)


Menulis
Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru  mengajak siswa untuk mengamati gambar dan berdiskusi tentang pekerjaan di sekitar perkebunan teh. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut (dan mengembangkannya apabila perlu).
Gambar apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh, siswa bisa menjawab kemungkinan lainnya)
(Apa tugas masing-masing pekerja tersebut?)
Siswa dan guru mendiskusikan jawaban-jawaban yang ada. Guru kemudian meminta setiap siswa untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dan mendiskusikannya dengan teman di sebelahnya.(Communication)

Siswa kemudian diminta untuk menuliskan perbandingan dua jenis pekerjaan yang telah didiskusikan dan menuangkannya dalam diagram venn. Diagram harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan bagi pekerja.

Guru membimbing siswa dalam menggunakan diagram venn.

Siswa kemudian mengembangkan hasil diagram vennnya dalam bentuk tulisan. Tulisan siswa harus memuat seluruh aspek yang ada di diagram.



Berdiskusi
Guru melanjutkan pelajaran dengan menyampaikan informasi bahwa tumbuhan bisa membantu manusia menjaga lingkungan. Sampaikan kepada siswa bahwa mereka akan membaca cerita tentang bagaimana tumbuhan berpengaruh terhadap keseimbangan alam.
Siswa membaca cerita dalam hati. Guru mengamati siswa adakah di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam proses tersebut.
Guru meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan 1-4 dan mengajak mereka mendiskusikannya. Kemudian salah satu perwakilan kelompok menyampaikan hasilnya dan kelompok lain diminta untuk mengomentari.
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas nomor 5 sebagai tugas individu.
Mintalah mereka untuk mendeskripsikan gambar yang dihasilkan. Tulisan harus meliputi alasan pemilihan tokoh, komentar tentang tokoh, alasan suka atau tidak suka.
Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.

Guru menyampaikan kepada siswa untuk membaca teks tentang fakta tanaman bakau. Siswa diminta untuk membaca dalam hati selama lima menit.
Siswa kemudian diminta menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada. Guru memimpin diskusi kelas. Perhatikan siswa yang belum pernah menyampaikan hasil pemikirannya. Mintalah mereka untuk membacakan jawaban.
Siswa diminta untuk mengisi tabel berikut secara individu dan mengumpulkannya.




    150
    menit





Penutup

Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama pembelajaran (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu.
Guru menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru bersama siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

    15
    menit


PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

Aspek Penilaian 
Penilaian sikap
Teknik : Non tes
Instrumen : Lembar Observasi

Format jurnal Penilaian Sikap

No.
Tanggal
Nama siswa
Catatan
Perilaku
Nilai utama karakter
Karakter Oprasional
Tindak lanjut
Hasil

1.








2.








3.








4.








5.








Dst.










Format Penilaian Sikap

Percaya diri
Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!
 
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Berani Tampil
Berani Mencoba
Berani Berpendapat
Menyampaikan Kritik




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB



















































Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Kerjasama
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Melakukan diskusi
Ikut menyelesaikan tugas
Aktif dalam kelompok
Bekerja sama




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB










































































Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!

Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan


Tanggung Jawab
 Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Menyelesaikan Tugas Belajar
Membuat Laporan
Melaksanakan Kebersihan
Mengerjakan Tugas Guru




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB































































Keterangan:
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes
Bentuk : Isian
Jenis : Lisan
Instrumen : Soal

Penilaian Pengetahuan
Jenis tes : Unjuk kerja
Instrumen: Soal
Tujuan kegiatan penilaian:
Mengukur pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan dilingkungan sekitar.
Mengembangkan keterampilan dalam membuat peta pikiran tentang kelestarian sumber daya alam.

Rubrik Penilaian
Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

IPS
Diagram venn tentang perbedaan jenis pekerjaan dinilai dengan rubrik.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang tokoh dinilai dengan menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

IPA
Tugas peta pikiran dinilai dengan centang (√ )

Pengisian tabel dinilai dengan menggunakan centang (√)








Guru Kelas IV



Imas Walimah, S.Pd
NIP. 19640829 198610 2 006

Tasikmalaya, Oktober 2018
Praktikan



Mila Karmila
NIM. 1501020005















Lampiran Materi

Jenis pekerjaan sesuai tempat tinggal masyarakat
Jenis Pekerjaan di Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki suhu yang sejuk. Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi biasanya bekerja sebagai peternak, pedagang, dan pekebun tanaman perkebunan. Contoh tanaman yang ditanam di dataran tinggi antara lain the, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Contoh dataran tinggi di Indonesia, yaitu dataran tinggi Dieng dan Dataran Tinggi Ijen.


Jenis Pekerjaan di Dataran Rendah

 Dataran rendah biasanya memilki tanah yang subur dan landai. Oleh karena itu, dataran rendah cocok dimanfaatkan sebagai tempat bertani. Banyak masyarakat di dataran rendah bekerja sebagai petani tanaman padi, kelapa, tebu, dan lain sebagainya. Ada juga yang bekerja sebagai peternak dan pedagang.









Jenis Pekerjaan di Pantai

Pantai merupakan bagian dari dataran rendah yang berbatasan langsung dengan laut. Sebagian daratan di pantai ditutupi oleh pasir. Umumnya, masyarakat yang tinggal di pantai bekerja sebagai nelayan, petani garam, dan penambak ikan. Selain itu, penduduk daerah pantai juga ada yang bekerja sebagai pembuat cinderamata, petani kelapa, pemandu wisata, dan pedagang.






















Lembar Kerja Kelompok

Nama Kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Petunjuk Umum
Berdoa sebelum mengerjakan soal.
Utamakan PERCAYA DIRI, JUJUR dan BERTANGGUNG JAWAB.
Dilarang mencontek jawaban teman kelompok sebelahnya, ataupun menjiplaknya.
Bekerja dengan teman satu kelompoknya untuk menghasilkan jawaban yang tepat.

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam manusia






Kunci Jawaban LKS Kelompok

Cara Menjaga Keseimbangan dan Kelestarian Sumber Daya Alam :

Melakukan reboisasi atau penghijauan
Menanam pohon sebanyak-banyaknya
Mencegah terjadinya pencemaran air
Tidak meninggalkan api saat meninggalkan hutan
Menghindari teknik lading berpindah
Penghijauan daerah aliran sungai
Penggunaan BBM yang bijak
Mendaur ulang sampah organik dan non organik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN Perumnas Cisalak
Kelas / Semester : IV/I
Tema                          : Berbagai Pekerjaan (Tema 4)
Sub Tema                  :  Jenis-Jenis Pekerjaan (Subtema 1)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu            : (6 x 35 menit)/ 1 hari
Hari/Tanggal Pelaksanaan : Senin/08 Oktober 2018

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Muatan: IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

3.8.1  Mengidentifikasi pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.


4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
4.8.1  Memberikan contoh kegiatan menjaga kelestarian sumber daya alam.


Muatan: IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3  Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

3.3.1  Membandingkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.


4.3  Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1  Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggal penduduk dalam bentuk tulisan.


Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5  Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

3.5.1  Menilai tokoh yang terdapat didalam cerita.


4.5  Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
4.5.1  Mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan teks tulisan.



TUJUAN PEMBE;LAJARAN
Setelah membaca teks dan mengamati gambar tentang pekerjaan di pegunungan, siswa mampu membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram venn.
Menggunakan diagram venn, siswa mampu mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan yang  dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap
Setelah membaca cerita tentang taman bermain yang hilang, siswa mampu menilai tokoh yang ada didalam cerita dengan detail.
Setelah membaca cerita tentang taman bermain yang hilang, siswa mampu mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan detail.


MATERI PEMBELAJARAN (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
IPA
Fakta :
Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Begitu juga tanah yang ditanaminya. Menjaga keseimbangan alam perlu dilakukan agar tidak merugikan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Konsep :
Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaanya. Penngunaan yang berlebihan akan merugikan kita sebagai manusia.
Sumber daya alam adalah sesuatu yang ada di alam dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Prinsip :
Usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber daya alam dengan cara penanaman kembali hutan-hutan yang gundul, membuat tambak di aliran sungai untuk budi daya berbagai jenis hewan, seperti ikan dan udang, dan meningkatkan penggunaan sumber daya alam yang tidak terbatas, seperti matahari, angin dan tenaga angin.

Prosedur :
Membuat peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.

IPS
Fakta :


Konsep :
Jenis pekerjaan memetik teh merupakan jenis pekekerjaan yang ada di Dataran Tinggi. Dataran tinggi memiliki suhu yang sejuk. Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi biasanya bekerja sebagai peternak, pedagang dan pekebun tanaman perkebunan.

Prinsip :
Ada beberapa jenis-jenis pekerjaan sesuai dengan tempat tinggal masyarakat Indonesia, misalnya dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Setiap tempat tinggal memiliki sumber daya dan kondisi yang berbeda-beda. Dalam hal ini mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat.

Prosedur :
Membuat diagram venn dengan membandingkan jenis pekerjaan yang berada di sekitar rumah.

Bahasa Indonesia
Fakta :


Konsep :
Membaca teks tersebut dan mendeskripsikan tentang kegiatan yang ada pada teks.

Prinsip :
Dalam membaca teks, siswa diharuskan mengamati teks tersebut sehingga mereka mengerti dan bisa membedakan tokoh-tokoh dalam cerita teks tersebut.

Prosedur :
Menjawab pertanyaan no 1-4 dan mendiskusikan dengan kelompok.



PENDEKATAN, MODEL, & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran
LKS Kelompok
LKS Individu   
Gambar jenis-jenis pekerjaan

SUMBER BELAJAR
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4 (Berbagai Pekerjaan: Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Berbagai Pekerjaan: Buku Siswa/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016)


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.
Siswa dikondisikan agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Guru meengajak semua siswa berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dipimpin oleh ketua kelas. (Religius)
Siswa diingatkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai semua aktivitas yang akan dilakukan
Menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”. (Nasionalis)
Guru melakukan kegiatan apersepsi kepada siswa dengan bercerita mengenai berbagai pekerjaan. Bahwa
Banyak macam-macam pekerjaan yang ada di Indonesia. (Literasi)
Siswa menyimak informasi dari guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu “ Berbagai Pekerjaan”
Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang tahapan kegiatan yang dilakukan, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Guru menyampaikan jenis penilaian selama proses pembelajaran.

    10
    menit

Inti
Membaca
Siswa diajak berdiskusi tentang PEKERJAAN. Guru memperlihatkan teh yang dibawanya dan mengajukan beberapa pertanyaan.
Apa manfaat teh?
Kira-kira, di mana teh tumbuh?
Pekerjaan apa saja yang terlibat sehingga teh dapat sampai ke konsumen?
(Critical Thingking)
Siswa diajak bertukar pikiran.
Siswa kemudian diajak untuk membuka buku pelajaran dan membaca teks ‘Tempat Hidup Tanaman Teh’.

Secara klasikal, guru kemudian membahas Jawaban-jawaban siswa dan menyimpulkannya bersama.

Siswa kemudian diajak untuk menyimpulkan nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan pelestarian alam dan sumber daya alam.(Mandiri)
Siswa diminta untuk mengisi peta pikiran yang ada di dalam buku. Sebelumnya siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang pengisiannya. Guru dapat memberikan satu contoh jawaban untuk memberi gambaran yang jelas.



Siswa mengisi diagram dan mendiskusikannya dengan teman satu kelompok. Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (Gotong Royong dan Communication)

Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai pentingnya menjaga keseimbangan alam dan sumber daya alam. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya lebih lanjut mengenai materi yang sedang dibahas. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. (Percaya Diri dan Tanggungjawab)


Menulis
Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru  mengajak siswa untuk mengamati gambar dan berdiskusi tentang pekerjaan di sekitar perkebunan teh. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut (dan mengembangkannya apabila perlu).
Gambar apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh, siswa bisa menjawab kemungkinan lainnya)
(Apa tugas masing-masing pekerja tersebut?)
Siswa dan guru mendiskusikan jawaban-jawaban yang ada. Guru kemudian meminta setiap siswa untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dan mendiskusikannya dengan teman di sebelahnya.(Communication)

Siswa kemudian diminta untuk menuliskan perbandingan dua jenis pekerjaan yang telah didiskusikan dan menuangkannya dalam diagram venn. Diagram harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan bagi pekerja.

Guru membimbing siswa dalam menggunakan diagram venn.

Siswa kemudian mengembangkan hasil diagram vennnya dalam bentuk tulisan. Tulisan siswa harus memuat seluruh aspek yang ada di diagram.



Berdiskusi
Guru melanjutkan pelajaran dengan menyampaikan informasi bahwa tumbuhan bisa membantu manusia menjaga lingkungan. Sampaikan kepada siswa bahwa mereka akan membaca cerita tentang bagaimana tumbuhan berpengaruh terhadap keseimbangan alam.
Siswa membaca cerita dalam hati. Guru mengamati siswa adakah di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam proses tersebut.
Guru meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan 1-4 dan mengajak mereka mendiskusikannya. Kemudian salah satu perwakilan kelompok menyampaikan hasilnya dan kelompok lain diminta untuk mengomentari.
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas nomor 5 sebagai tugas individu.
Mintalah mereka untuk mendeskripsikan gambar yang dihasilkan. Tulisan harus meliputi alasan pemilihan tokoh, komentar tentang tokoh, alasan suka atau tidak suka.
Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.

Guru menyampaikan kepada siswa untuk membaca teks tentang fakta tanaman bakau. Siswa diminta untuk membaca dalam hati selama lima menit.
Siswa kemudian diminta menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada. Guru memimpin diskusi kelas. Perhatikan siswa yang belum pernah menyampaikan hasil pemikirannya. Mintalah mereka untuk membacakan jawaban.
Siswa diminta untuk mengisi tabel berikut secara individu dan mengumpulkannya.




    150
    menit





Penutup

Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama pembelajaran (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu.
Guru menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru bersama siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

    15
    menit


PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

Aspek Penilaian 
Penilaian sikap
Teknik : Non tes
Instrumen : Lembar Observasi

Format jurnal Penilaian Sikap

No.
Tanggal
Nama siswa
Catatan
Perilaku
Nilai utama karakter
Karakter Oprasional
Tindak lanjut
Hasil

1.








2.








3.








4.








5.








Dst.










Format Penilaian Sikap

Percaya diri
Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!
 
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Berani Tampil
Berani Mencoba
Berani Berpendapat
Menyampaikan Kritik




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB



















































Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Kerjasama
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Melakukan diskusi
Ikut menyelesaikan tugas
Aktif dalam kelompok
Bekerja sama




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB










































































Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!

Keterangan :
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan


Tanggung Jawab
 Berilah tanda (() pada kolom yang sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa!
No.
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Catatan Guru



Menyelesaikan Tugas Belajar
Membuat Laporan
Melaksanakan Kebersihan
Mengerjakan Tugas Guru




SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB































































Keterangan:
SB : Sangat Baik
PB : Perlu Bimbingan

Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes
Bentuk : Isian
Jenis : Lisan
Instrumen : Soal

Penilaian Pengetahuan
Jenis tes : Unjuk kerja
Instrumen: Soal
Tujuan kegiatan penilaian:
Mengukur pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan dilingkungan sekitar.
Mengembangkan keterampilan dalam membuat peta pikiran tentang kelestarian sumber daya alam.

Rubrik Penilaian
Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

IPS
Diagram venn tentang perbedaan jenis pekerjaan dinilai dengan rubrik.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang tokoh dinilai dengan menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

IPA
Tugas peta pikiran dinilai dengan centang (√ )

Pengisian tabel dinilai dengan menggunakan centang (√)








Guru Kelas IV



Imas Walimah, S.Pd
NIP. 19640829 198610 2 006

Tasikmalaya, Oktober 2018
Praktikan



Mila Karmila
NIM. 1501020005















Lampiran Materi

Jenis pekerjaan sesuai tempat tinggal masyarakat
Jenis Pekerjaan di Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki suhu yang sejuk. Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi biasanya bekerja sebagai peternak, pedagang, dan pekebun tanaman perkebunan. Contoh tanaman yang ditanam di dataran tinggi antara lain the, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Contoh dataran tinggi di Indonesia, yaitu dataran tinggi Dieng dan Dataran Tinggi Ijen.


Jenis Pekerjaan di Dataran Rendah

 Dataran rendah biasanya memilki tanah yang subur dan landai. Oleh karena itu, dataran rendah cocok dimanfaatkan sebagai tempat bertani. Banyak masyarakat di dataran rendah bekerja sebagai petani tanaman padi, kelapa, tebu, dan lain sebagainya. Ada juga yang bekerja sebagai peternak dan pedagang.









Jenis Pekerjaan di Pantai

Pantai merupakan bagian dari dataran rendah yang berbatasan langsung dengan laut. Sebagian daratan di pantai ditutupi oleh pasir. Umumnya, masyarakat yang tinggal di pantai bekerja sebagai nelayan, petani garam, dan penambak ikan. Selain itu, penduduk daerah pantai juga ada yang bekerja sebagai pembuat cinderamata, petani kelapa, pemandu wisata, dan pedagang.






















Lembar Kerja Kelompok

Nama Kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Petunjuk Umum
Berdoa sebelum mengerjakan soal.
Utamakan PERCAYA DIRI, JUJUR dan BERTANGGUNG JAWAB.
Dilarang mencontek jawaban teman kelompok sebelahnya, ataupun menjiplaknya.
Bekerja dengan teman satu kelompoknya untuk menghasilkan jawaban yang tepat.

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam manusia






Kunci Jawaban LKS Kelompok

Cara Menjaga Keseimbangan dan Kelestarian Sumber Daya Alam :

Melakukan reboisasi atau penghijauan
Menanam pohon sebanyak-banyaknya
Mencegah terjadinya pencemaran air
Tidak meninggalkan api saat meninggalkan hutan
Menghindari teknik lading berpindah
Penghijauan daerah aliran sungai
Penggunaan BBM yang bijak
Mendaur ulang sampah organik dan non organik


































Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas 4 Tema 4 Semester 1"

Post a Comment