RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 Sub tema 1 pembelajaran ke 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       : SDN KUDANGUYAH

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  1

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

 

Ayo Mengamati

Ø  Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. 

Ø  Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.

Ø  Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.

Ø  Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.

Ø  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.

Ø  Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.

Ayo Berlatih

Ø  Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.

Ø  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.

Ø  Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.

Ø  Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.

(Creatiivity and Innovation)

Ayo Bermain Peran

Ø  Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.

(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

Ø  Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan.

Ø  Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.

 

Ayo Mengamati

Ø  Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus.

Ø   Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.

Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.

 

Ayo Berlatih

Ø  Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.

Ø  Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.

 

Ø  Siswa  membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Bernyanyi

Ø  Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan  panjang dan kapan dinyanyikan pendek.

     

 

Ayo Berlatih

Ø  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama-sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.

Ø  Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek.

Ø  Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi.

Ø  Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya.

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah sampai 999 dapat ditemui pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada kemasan makanan, nomor rumah, halaman buku, dan lain-lain.

Ø  Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.

 

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD.

NIP. 19630531 198305 2007

Tasikmalaya, Juli 2020

Guru Kelas 2

 

 

 

NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd.

NIP. 19660429 198703 2006

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

1

 

Zaydan

 

 

 

2

 

Najwa  

 

 

 

3

 

Raffa

 

 

 

...

 

Dan seterusnya

 

 

 

 

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan

 

 Skor Penilaian : 100

 

Penilaiam:           skor yang diperoleh  x 100

 

                                    Skor maaksimal

Panduan Konversi Nilai:

Konversi Nilai

(skala 0- 100)

Predikat

Klasifikasi

81- 100

A

SB (Sangat Baik)

66-80

B

B(Baik)

51-65

C

C(Cukup)

0-50

D

K (Kurang)

 

 

   Contoh Rubrik:

1)   Bahasa Indonesia

Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.1) ketetapan menyebutkan ungkapan di dalam teks

Semua ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar, tanpa bantuan

Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah  disebutkan tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan di dalam teks disebutkan, denagn bantuan guru

Belum ada ungkapan yang  disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru

Keterampilan:

(kd 4.1) ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks

Semua ungkapan di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru

Ada beberapa  ungkapan di dalam teks yang masih salah  diucapkan, tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah  diucapkan dengan benar, dengan  bantuan guru

Belum ada ungkapa yang diucapkan dengan benar, meskipun dengan  bantuan guru

 

 

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada satu bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada dua  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada tiga  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Keterampilan:

(kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan 

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan  guru

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, dengan  bantuan  guru

Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun dibantu  guru

 

 

2) Matematika

Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.

 

3) SBdP

Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu 

Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya dengan  bantuan guru 

Belum Ada yang benar dalam menentukan  bunyi panjang dan bunyi pendek lagu  meskipun dengan bantuan guru 

Keterampilan:

(kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu  

Semua nada yang  dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru  

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

 

 

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

 

Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat dalam daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk memahamkan siswa tentang materi yang sedang dipelajari.

 

C.    REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial

1.     Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca denganlancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.

2.     Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.

3.     Guru membahas kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai 999.

 

 

  1. Pengayaan

1.     Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks hidup rukun.

2.     Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.

3.     Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 Sub tema 1 pembelajaran ke 1"

Post a Comment