RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       : SDN KUDANGUYAH

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  2

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN

  1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
  3. Dengan  diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
  5. Dengan  diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
  7. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

 

Ayo Mengamati

Ø  Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol pada Pancasila.

Ø  Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila.

Ø  Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots)

Ayo Membaca

Ø  Siswa  bersama-sama membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.

Ø  Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila.

Ayo Menulis

Ø  Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian menuliskan bunyi sila yang sesuai.

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam memasangkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.

(Creativity and Innvation)

Ayo Mengamati

Ø  Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

Ø  Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.

Ø  Guru memotivasi siswa agar menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan beribadah di dalam keluarga.

Ø  Siswa mencari informasi mengenai contoh-contoh pengamalan sila pertama Pancasila. Kemudian, siswa dapat menunjukkan contoh-contoh penerapan sila pertama dalam kehidupannya.

Ø  Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupannya.

Ø  Guru mengamati pemahaman siswa mengenai pengamalan sila pertama pada Pancasila di rumah. (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1), sikap yang dikembangkan adalah percaya diri.

Ayo Berdiskusi

Ø  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4 siswa.

Ø  Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya.

Ø  Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang tersedia. Pertanyaan nomor 1 untuk mencapai KD 3.1 dan 4.1 Bahasa Indonesia.

Ø  Siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita tentang hidup rukun. Guru menggunakan Rubrik Penilaian 2 untuk mengamati kemampuan siswa.

Ø  Pertanyaan nomor 2, 3, dan 4 untuk mencapai KD PPKn (KD 3.1 dan 4.1).

Ø  Guru menggunakan Rubrik Penilaian 1 untuk mengamati kemampuan siswa.

Ø  Siswa menceritakan tentang pengalamannya menerapkan sila kedua Pancasila di rumah.

Ø  Sikap yang dikembangkan pada kegiatan diskusi ini adalah percaya diri dan santun. Pada kegiatan diskusi diterapkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, mengomunikasikan).

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Bermain Peran

Ø  Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.

Ø  Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan.

Ø  Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada ungkapan yang terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran, guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri.

Ayo Berlatih

Ø  Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi).

Ø  Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba, menalar).

Ø  Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan beregu.

Ayo Mencoba

Ø  Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan menirukan hewan berjalan.

Ø  Petunjuk Permainan Hewan Berjalan:

  ~Siswa berdiri melingkar, sedangkan guru berdiri di tengah.

  ~Guru memberi aba-aba nama hewan. Siswa menirukan gerakan hewan yang disebutkan guru.

 ~Pada saat siswa menirukan gerakan hewan, guru mengacungkan jari menunjuk sebuah angka.

~Siswa mencari teman sebanyak angka yang    ditunjukkan oleh guru, sambil berjalan menirukan gerakan hewan.

~Siswa yang tidak mendapat teman, diminta untuk menyanyi.

Ø   Pada permainan ini, guru dapat mengamati sikap sportif yang ditunjukkan oleh siswa.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut.

 

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD.

NIP. 19630531 198305 2007

Tasikmalaya, Juli 2020

Guru Kelas 2 

 

 

 

NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd.

NIP. 19660429 198703 2006

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

1

 

Zaydan

 

 

 

2

 

Najwa  

 

 

 

3

 

Raffa

 

 

 

...

 

Dan seterusnya

 

 

 

 

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan

Penilaian dan panduan konversi nilai dapat dilihat contohnya pada

Pembelajaran 1.

Contoh Rubrik: 

 

1) PPKN

Rubrik Bercerita Penerapan Sila Pertama pada Pancasila (KD 3.1 dan KD 4.1)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Menyebutkan contoh perilaku sesuai dengan sila pertama pada pancasila, minimal 3 contoh

Semua contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar

Dua contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar

Satu contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar

Belum bisa menyebutkan penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar

Kesesuaian Isi cerita dengan penerapan sila pertama pada pancasila

Isi cerita sesuai dengan penerapan sila pertama pada pancasila diceritakan tanpa bantuan guru

Ada sebagian cerita yang belum selesai diceritakan tanpa bantuan guru

Ada sebagian cerita yang belum sesuai, diceritakan dengan bantuan guru

Cerita tidak sesuai dengan penerapan sila pertama pada pancasila

Sikap yang diamati dan dikembangkan adalah percaya diri

 

 

2) Bahasa Indonesia

Pengetahuan : Menentukan dan Menjelaskan Ungkapan di Dalam Teks

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Ketepatan ungkapan

Semua ungkapan di dalam teks dapat disebutkan dengan benar

Ada beberapa ungkapan yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan yang belum disebutkan dengan benar dengan  bantuan guru

Belum bisa menyebutkan  ungkapan yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru

Keterampilan : Menuliskan  Arti Ungkapan dalam Kalimat

 

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Ketetapan arti ungkapan

Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar. Tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar. Dengan  bantuan guru

Belum bisa mengartikan  ungkapan di dalam teks dengan benar, . dengan  bantuan guru

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan: teliti.

 

3) PJOK

Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak Dasar Berjalan  (KD 3.1 dan 4.1)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan:

Menjelaskan gerak dasar berjalan: sikap tubuh dan kangkah kaki benar

Sikap tubuh dan langkah kaki dalam berjalan dijelaskan dengan benar, tanpa bantuan guru

Ada beberapa Sikap tubuh dan langkah kaki yang belum benar dijelaskan, tanpa bantuan guru

Ada beberapa Sikap tubuh dan langkah kaki yang belum benar dijelaskan, dengan  bantuan guru

Masih belum bisa menjelaskan  Sikap tubuh dan langkah kaki dengan benar dengan bantuan guru

Keterampilan:

Mempraktikkan gerak dasar berjalan( sikap tubuh, langkah kaki, dan arah berjalan benar)

Dapat mempraktikkan gerak dasar berjalan dnegan benar, tanpa bantuan guru

Ada salah satu kriteria yang masih salah

Hanya satu kriteria yang benar

Sikap tubuh langkah kaki, dan arah dalam berjalan masih salah.

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan : disiplin

 

 

C.    REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial

1.     Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami hubungan antara simbol dan sila-sila pada Pancasila.

2.     Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan sila pertama dan kedua Pancasila bagi siswa yang belum mampu menceritakan pengalamannya menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila.

3.     Guru membahas kembali materi tentang ungkapan dan artinya bagi siswa yang belum memahami arti ungkapan.

4.     Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan gerak dasar berjalan agar kemampuannya lebih baik.

 

  1. Pengayaan

1.     Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu menghubungkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila.

2.     Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila di rumah. Guru menugaskan siswa menuliskan cerita tersebut.

3.     Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu mengartikan ungkapan dengan benar.

4.     Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu melakukan gerakan dasar berjalan berpasangan atau beregu, serta menirukan gerakan hewan berjalan.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 2"

Post a Comment