RPP kurikulum 2013 revisi 2020 tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan   : SDN KUDANGUYAH

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                   :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke         :  4

Alokasi waktu              :  1 Hari

 

A.   TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menirukan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
  4. Dengan diberikan nama bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan lambang bilangan tiga angka dengan benar, dan sebaliknya.
  5. Dengan diberikan teks percakapan yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat percakapan yang mengandung lambang bilangan tiga angka.
  6. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.
  7. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

 

Ayo Mengamati

Ø  Siswa mengamati teks percakapan yang mengandung ungkapan yang berkaitan dengan hidup rukun. Teks tersebut akan digunakan untuk mencapai kompetensi dasar muatan Bahasa Indonesia dan Matematika.

Ø  Guru memotivasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup rukun.

 

Ayo Bermain Peran

Ø  Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin. Sikap yang dapat diamati adalah percaya diri.

 

Ø  Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks percakapan yang sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya.

 

(Creativity and Innovation)

Ø  Teks percakapan tersebut merupakan contoh sikap santun yang dapat memelihara kerukunan. Selain itu, teks percakapan juga mengandung ungkapan yang harus dipahami oleh siswa.

Ø  Siswa dibimbing untuk mengucapkan terima kasih dan menjawab ucapan terima kasih dengan santun.

Ø   

 

Ayo Mengamati

Ø  Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa.

Ø  Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka.

Ø  Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

Ø  Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

Ø  Siswa menuliskan kalimat yang mengandung lambang bilangan tiga angka di dalam teks percakapan dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya.

 

Ayo Bernyanyi

Ø  Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara bergiliran satu persatu atau berpasangan.

Ø  Guru menyediakan lembar kegiatan berupa teks lagu yang sudah diatur agar siswa dapat menandai bagian panjang pendek nada dan kuat lemahnada.

Ø  Ketika temannya menyanyi, siswa menandai lagu pada lembar kegiatan yang dinyanyikan sebagai latihan agar dapat menyanyikan lagu dengan benar.

Ø  Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.

Ø  Guru menilai kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak birama 2 sesuai dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan 4.2). Sikap yang dikembangkan adalah percaya diri).

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan santun bila bercakap-cakap dengan orang lain.

 

Penutup

1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD.

NIP. 19630531 198305 2007

Tasikmalaya, Juli 2020

Guru Kelas 2 

 

 

 

NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd.

NIP. 19660429 198703 2006

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

1

 

Zaydan

 

 

 

2

 

Najwa  

 

 

 

3

 

Raffa

 

 

 

...

 

Dan seterusnya

 

 

 

 

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan

Contoh Rubrik:

1)   Bahasa Indonesia

Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di Dalam Teks

Kriteria

skor

Minimal 3 ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

4

Dua ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

3

Satu ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

2

Belum bisa menyebutkan ungkapan di dalam teks

1

 

 

 

Rubrik Menuliskan Ungkapan dan menggunakan ungkapan dalam kalimat

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Ketepatan arti ungkapan di dalam kalimat

Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar dengan  bantuan guru

Belum bisa mengartikan  ungkapan yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru

 

 

 

3) Matematika

Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada satu bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada dua  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada tiga  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Keterampilan:

(kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan 

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan  guru

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, dengan  bantuan  guru

Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun dibantu  guru

 

 

 

2)  SBdP

Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu 

Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya dengan  bantuan guru 

Belum Ada yang benar dalam menentukan  bunyi panjang dan bunyi pendek lagu  meskipun dengan bantuan guru 

Keterampilan:

(kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu  

Semua nada yang  dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

 

 

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

 

Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan guru dalam mengamati kemampuan siswa mencapai kompetensi dasar tertentu. Nilainya tidak harus dicatat setiap hari dalam daftar nilai.

 

C.   REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial

1.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menjelaskan makna ungkapan dalam teks percakapan dengan baik.

2.    Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.

3.    Guru memberikan latihan lanjutan, bagi siswa yang telah mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.

 

  1. Pengayaan

1.    Guru memberikan bimbingan dan penjelasan lebih lanjut bagi siswa yang belum mampu menjelaskan ungkapan dengan baik.

2.    Guru memberikan latihan terbimbing bagi siswa yang belum mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.

3.    Guru memberikan bimbingan lebih lanjut kepada siswa yang belum mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4"

Post a Comment