RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 3

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       : SDN KUDANGUYAH

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  3

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam kalimat dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa  dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  7. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
  8. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

Inti

Ayo Mengamati

Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu tersebut.

Ø  Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS)

 

Ayo Menulis

Ø  Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan. (Mandiri)

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya.  Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain.

Ø  Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik

Ø  Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan

Ø  adalah teliti.

 

Ayo Bernyanyi

Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.

Ø  Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi.

Ø  Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai panjang pendek bunyi.


Ø  Skor yang diperoleh siswa tidak harus dimasukkan ke dalam daftar nilai. Skor tersebut sebagai pedoman bagi guru dalam mengamati kemampuan siswa memahami panjang pendek nada. Data ini sebagai petunjuk bagi guru untuk mengadakan remedial dan pengayaan.

 

Ayo Mengamati

Ø  Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama.

Ø  Hitungan pertama pada sebuah birama memiliki tekanan lebih kuat dibandingkan dengan hitungan berikutnya.

Ø  Contoh: Bagian yang bertanda = dinyanyikan lebih kuat.

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat lemah bunyi pada irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2).

 

Ayo Mengamati

Ø  Siswa mengamati bilangan yang terdapat pada gambar nomor peserta lomba Udin. Berdasarkan gambar banyak kubus yang terdapat pada halaman 25, siswa membaca bilangan tersebut. Siswa dapat menanyakan kepada guru mengenai hal-hal yang ingin diketahuinya sehubungan dengan pembacaan bilangan dengan tiga angka.

Ø  Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dari sekumpulan benda yang sesuai, contoh pada Buku Siswa digunakan sekelompok gambar kubus. 

Ø  Pemahaman mengenai bilangan tiga angka dapat dibantu dengan alat peraga konkret, misalnya kancing baju, kelereng, atau lidi tusuk gigi.Kemudian siswa membaca bilangan tiga angka yang sudah ditentukan tersebut.

 

Ayo Berlatih

Ø  Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.

Ø  Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama orang tua. Apabila orang tua tidak mengetahui lagu tersebut, disarankan agar orang tua mendengarkan siswa bernyanyi. Siswa bercerita kepada orang tuanya mengenai panjang pendek bunyi dan kuat lemah lagu. Siswa juga berdiskusi dengan orang tua untuk mencari kata yang sepadan dengan uangkapan pada lagu tersebut.Kegiatan ini dilaporkan pada buku penghubung antara orang tua dan sekolah.

140 menit

 

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

DRA. ENOK NANI DARYANI,M.PD.

NIP. 19630531 198305 2007

Tasikmalaya, Juli 2020

Guru Kelas 2

 

 

 

NINGSIH WIDANINGSIH,S.Pd.

NIP. 19660429 198703 2006

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

                                        

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

1

 

Zaydan

 

 

 

2

 

Najwa  

 

 

 

3

 

Raffa

 

 

 

...

 

Dan seterusnya

 

 

 

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan

Penilaian dan panduan konversi nilai dapat dilihat contohnya pada

Pembelajaran 1.

 

Contoh Rubrik:

1)   Bahasa Indonesia

Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di Dalam Teks

Kriteria

skor

Minimal 3 ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

4

Dua ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

3

Satu ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar

2

Belum bisa menyebutkan ungkapan di dalam teks

1

 

 

 

Rubrik Menuliskan Ungkapan dan menggunakan ungkapan dalam kalimat

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Ketepatan arti ungkapan di dalam kalimat

Semua ungkapan di dalam teks dapat diartikan dengan benar

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar tanpa bantuan guru

Ada beberapa ungkapan yang belum diartikan dengan benar dengan  bantuan guru

Belum bisa mengartikan  ungkapan yang belum disebutkan dengan benar tanpa bantuan guru

 

 

 

2)  SBdP

Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.2) ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu 

Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya tanpa bantuan guru 

Ada beberapa bagian lagu yang masih salah di identififkasi  Dapat menentukan bunyi pendek dan bunyi panjangnya dengan  bantuan guru 

Belum Ada yang benar dalam menentukan  bunyi panjang dan bunyi pendek lagu  meskipun dengan bantuan guru 

Keterampilan:

(kd 4.2) ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu   

Semua nada yang  dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, tanpa bantuan guru 

Ada beberapa  nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang amsih salah, dengan bantuan guru 

 

 

Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

 

3) Matematika

Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada satu bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada dua  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada tiga  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Keterampilan:

(kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan 

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan  guru

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, dengan  bantuan  guru

Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun dibantu  guru

 

 

 Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.

 

Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan guru untuk mengamati kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi dasar. Tidak harus setiap hari nilainya dicatat dalam daftar nilai.

 

C.    REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial

1.     Guru memberikan tugas berupa: menulis kalimat menggunakan ungkapan selain yang berkaitan dengan teks hidup rukun.

2.     Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.

3.     Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang pengenalan bilangan tiga angka sampai 999.

 

  1. Pengayaan

1.     Guru menjelaskan kembali kepada siswa tentang ungkapan yang belum dimengerti oleh siswa.

2.     Guru mengulang kembali materi tentang menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan tekanan kuat dan lemah bagi siswa yang belum mampu menyanyikannya dengan benar.

3.     Guru membahas kembali materi tentang pengenalan bilangan tiga angka sampai 999.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP kurikulum 2013 revisi 2020 Tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 3"

Post a Comment